Khutbatu-l-Arsy 1441

Khutbatul Arsy, menurut istilah bahasa adalah khutbah tertinggi, khutbah yang disampaikan oleh Pimpinan Tertinggi Pesantren berisi tentang nilai-nilai kepesantrenan, jiwa-jiwa pesantren yang di dalamnya di dasari oleh Al-Qur’an dan Hadits.

Dalam menyambut Khutbatul Arsy, adanya pekan perkenalan pesantren yang  diisi dengan serangkaian kegiatan untuk memberikan bekal kepada santri tentang kehidupan di  pesantren, mengenal dan memahami orientasi pendidikannya.

Hal ini sangat penting disampaikan kepada seluruh santri; baik santri baru yang baru saja beradaptasi  di lingkungan pesantren secara step by step maupun santri yang sudah lama bermukim, tujuannya agar mereka lebih mengenal kembali, menjiwai kembali jiwa-jiwa pesantren serta memahami kembali peraturan dan disiplin di pesantren. Pemahaman dan pengenalan tentang pesantren tidak cukup hanya sekali, tapi harus dilakukan berkali-kali guna mengingatkan semua pada khitah awal visi dan misi pesantren.

Memasuki masa Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy para santri baru sudah terlebih dahulu diberlakukan dengan baik sejak ia menginjak kaki perdana di pesantren, kemudian beranjak kepada kegiatan dan pemberlakuan peraturan secara bertahap. Setiap kegiatan yang dilaksanakan memiliki tujuan tertentu dan sarat dengan nilai-nilai edukatif, sehingga santri baru tersebut bisa betah dan nyaman tinggal di pesantren.

#karyasantri #santriberkarya #sekolahdiatasawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.