Santri Pondok Pesantren Baitul Hidayah ‘Pergi’ ke Zaman Prasejarah

Bandung – 27 Mei 2013, Panas terik menyegat dan perut kosong merupakan kombinasi yang cocok untuk tidak semangat. Tapi berbeda dengan para santri siang itu, mereka terlihat bersemangat menuju kota Bandung. Dengan naik angkot sewaan, menuju Museum Geologi Bandung. Karena mengejar jadwal yang di-reservasi, terpaksa mereka tidak sempat makan siang.

Sebelum hari kunjungan, beberapa Ustadz telah melakukan survey untuk penentuan waktu agar terhindar kondisi yang penuh sesak di museum. Wal hasil, kondisi sangat lengang dan kondusif untuk menggali ilmu. Mereka belajar berbagai kondisi zaman prasejarah baik flora dan fauna. Fosil-fosil ratusan sampai ribuan tahun benar-benar memukau para santri.

Di museum itu pula, dikenalkan proses dan manfaat sumberdaya alam. Baik dari minyak, batubara, mineral dan gas. Pajangan dibuat agar seinteraktif mungkin, sehingga para pengunjung lebih nyaman. Pada sesi terakhir, kita disajikan penampilan video dokumentari tentang bumi.

Agenda seperti ini memang telah dicanangkan sebagai salah satu bentuk pembelajaran bagi para santri Pondok Pesantren Baitul Hidayah Bandung. Tiada patut yang diucap kecuali fauqo kulli dzi ‘ilmin ‘aliim (di atas yang punya ilmu ada yang Maha Punya Ilmu – Q.S. Yusuf 76).

Para santri Pondok Pesantren Baitul Hidayah berpose di depan fosil hewan prasejarah.
Para santri Pondok Pesantren Baitul Hidayah berpose di depan fosil hewan prasejarah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.