Santri Berternak Kambing

Bandung, Santri berternak kambing merupakan program untuk menambah kemandirian pesantren dan melatih para santri. Hal ini merupakan kerja sama Pondok Pesantren Baitul Hidayah dan Dompet Dhuafa. Modal pengadaan kambing digulirkan oleh Dompet Dhuafa, yang kemudian dikelola oleh Pondok Pesantren Baitul Hidayah. Kandang kambing berada di area pesantren. Adapun yang mencari pakan ternak berupa dedaunan, rumput dan konsentrat adalah beberapa karyawan pesantren.

Santri Pondok Pesantren Baitul Hidayah membersihkan kadang kambing
Santri Pondok Pesantren Baitul Hidayah membersihkan kadang kambing

Program ini telah berjalan selama dua bulan, proyeksi kedepan adalah penjualan kambing untuk Idul Adha. Hasil laba yang didapat akan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu untuk Dompet Dhuafa, Pondok Pesantren Baitul Hidayah dan karyawan pesantren yang mendapat tanggung jawab pengadaan pakan ternak. Program ini juga bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi karyawan pesantren, sehingga lebih bisa mensejahterakan keluarga mereka.

Ketika santri berternak kambing, maka mereka belajar bertanggung jawab untuk membersihkan kandang, memelihara kambing dari pagi sampai sore, mengobati kambing ketika ada yang sakit. Untuk pembersihan kandang dan pembagian pakan ternak dalam sehari, dijadwalkan satu santri dalam satu hari. Cukup ringan untuk menangani 29 ekor kambing. Sedangkan ketika ditemukan kambing yang sakit, maka tim medis yang berjumlah 6 orang siap mengobati. Penyakit yang ditangani adalah penyakit hewan ternak yang bersifat ringan, mulai dari susah makan, perut kembung, mencret, penyakit kulit sampai dengan penyakit mata.

Tim Medis dari Santri Pondok Pesantren Baitul Hidayah sedang mengobati kambing yang terkena penyakit mata
Tim Medis dari Santri Pondok Pesantren Baitul Hidayah sedang mengobati kambing yang terkena penyakit mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.