Rapat Kenaikan Kelas 2016

“…tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”{Q.S. Al-Baqarah:216}

Jum’at 13 ramadhan 1437 H yang bertepatan dengan 17 juli 2016 seluruh ustadz pengajar di pondok pesantren Baitul hidayah melakukan rapat kenaikan kelas.
Acara ini berlangsung mulai dari selepas sholat tarawih, tepatnya pukul 20:15 WIB sampai sebelum shubuh pukul 02:00 WIB. Diselenggarakan secara tertutup di kantor KMI pondok pesantren Baitul hidayah.

Di dalam rapat ini ada tiga komponen yang di nilai dari seorang santri, yaitu akademik, akhlak, dan al-qur`an.
Dari akademik, yang dinilai adalah pelajaran yang telah diujikan pada ujian pertengahan tahun dan akhir tahun. Kemudian direkap, dijumlahkan dan disesuaikan dengan rata-rata kenaikan masing-masing kelas oleh pihak KMI.

Sedangkan dari akhlak, ialah yang menyangkut semua kegiatan santri di pondok mulai dari masjid, masuk kelas, ekstrakulikuler, dsb. Tidak hanya itu, bahkan beberapa ustadz yang menjadi staff pengasuhan juga menilai kelakuan dan kebiasaan santri di asramanya.
Dan yang terakhir ialah al-qur`an oleh pihak ihya`ul qur`an. Disinilah dinilai kualitas santri di bidang al-qur`an, mulai dari banyaknya hafalan, kelancaran ketika ujian tahfidz, dsb.
Tiga komponen inilah yang menjadi pembeda antara pondok pesantren Baitul hidayah dengan sekolah umum lainnya.

Rapat ini tidak dimiliki oleh satu suara saja, melainkan semua ustadz pengajar ikut mengeluarkan suaranya, suara terbanyak itulah yang diambil.
Namun, jika suara tersebut jumlahnya sama, maka pimpinan pondok yang memiliki dua suara itu akan berikhtiar dan memilih salah satu di antara keduanya. Terkadang juga ada yang karena masukan dari ustadz pengabdian yang lain, suara bisa berubah sewaktu-waktu.

Lamanya penentuan kenaikan seorang santri bisa sampai 1 jam atau bahkan 3 jam, tapi ada juga yang hanya 1 menit atau bahkan kurang dari itu.
Bahkan pimpinan pondok pesantren Baitul hidayah Ust.Iwan Shofyan Andi khawatir akan keputusan yang telah ditetapkan, “Rapat ini sangat berat, karena rapat ini sama dengan memberikan hak dan ‘nyawa’ santri yang telah bekerja keras, berdo’a, belajar, beribadah dalam menghadapi ujian.” tutur beliau.

Semoga apa-apa yang telah diputuskan ini tak lain hanyalah pilihan yang terbaik dari Allah, murni tanpa noda-noda kecurangan. Dan semoga para santri ikhlas dan ridho dalam menerima keputusan dari Allah ini.

[M. Raihan Faruq – Santri kelas tiga KMI]

Satu tanggapan untuk “Rapat Kenaikan Kelas 2016

  • 22 Juni 2016 pada 05:46
    Permalink

    Alhamdulillah…. awal yang bagus untuk young journalist….. keren…. hebat… goodluck

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *