Program Takhossus Al-Qur`an

Baitul Hidayah merupakan pesantren yang memadukan antara kurikulum KMI dan Ihya`ul-Qur`an. Ihya`ul-Qur`an dalam segi bahasa artinya adalah “menghidupkan Al-Qur`an”. Sedangkan dalam kehidupan di Baitul Hidayah adalah menghidupkan Al-Qur`an di dalam kehidupan sehari-hari dan mengamalkannya. Di dalam kegiatan Ihya`ul-Qur`an tersebut terdapat program Takhossus Al-Qur`an.

Program Takhossus Al-Qur`an adalah kegiatan muraja’ah hafalan Al-Qur`an yang dilaksanakan setiap Ahad. Anggota dari kelompok ini terdiri dari santri kelas dua sampai kelas enam KMI yang memiliki capaian hafalan sepuluh juz atau lebih.

Pembimbing program Takhossus al-Qur`an diamanahkan kepada ustadz Riza Rahman (Al-Hafidz). Beliau mengatakan,”Program ini diadakan supaya para santri tetap dapat menjaga hafalan dan membiasakan diri berlama-lama dengan Al-Qur`an”. Beliau juga menyampaikan alasan dipilihnya para santri yang telah memiliki hafalan lebih dari sepuluh juz adalah karena tanggung jawab dalam menjaga hafalan lebih besar dibandingkan santri yang lain.

Program ini diharapkan menjadi wadah bagi para santri untuk bisa menjaga hafalan, sekaligus sebagai motivasi bagi santri lainnya yang belum diizinkan ikut, agar bisa menambah dan mengulang hafalan dengan lebih baik lagi. Sehingga kelak para santri dapat menjadikan Al-Qur`an sebagai ruh dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Adil Hilmy Mumpuni

 Siswa kelas enam KMI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *