Nur Rifa’i, Masjid Pesantren

 Kubah Masjid Nur Rifai Pondok Pesantren Baitul Hidayah Bandung
Kubah Masjid Nur Rifai Pondok Pesantren Baitul Hidayah Bandung

Bandung, Cikal bakal berdirinya Pondok Pesantren Baitul Hidayah adalah bangunan masjid kecil di tengah perkebunan jauh dari kawasan rumah penduduk. Bangunan itu adalah Masjid ‘Atiq Nur Rifa’i. Berbagai kegiatan awal pendirian pondok pesantren berpusat pada masjid pesantren tersebut.

Ketika belum ada santri dan asatidz, masjid tersebut digunakan oleh para penduduk sekitar yang sedang berkebun atau mencari ranting-ranting pohon untuk sholat dzuhur dan asyar. Aneh memang, pendirian masjid kecil berkapasitas 30an orang, terletak jauh dari kawasan penduduk. Tapi itulah cita-cita Pak Martono dan Ibu Agnes, mendirikan pesantren di tanah milik keluarga.

Kajian satu hadits setiap selesai sholat maghrib di Pondok Pesantren Baitul Hidayah
Kajian satu hadits setiap selesai sholat maghrib di Pondok Pesantren Baitul Hidayah
Tampak dari Luar Masjid Nur Rifa'i Pondok Pesantren  Baitul Hidayah
Tampak dari Luar Masjid Nur Rifa’i Pondok Pesantren Baitul Hidayah

Dan sekarang masjid tersebut telah mengalami berbagai perluasan sehingga bisa menampung sekitar 150 an jama’ah. Tetap berdidingkan anyaman bambu, berlantaikan kayu. Suara santri berdzikir, membaca Al-Qur`an, didampingi suara jangkrik dan binatang malam di sekitar masjid menambah sejuk hati. Ayat-ayat qouliyyah berduet dengan ayat-ayat kauniyah betul-betul menjadi santapan renyah bagi hamba yang suka bertadabbur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.