Ma’had Aly Baitul Hidayah: Harapan dan Cita-cita

Ma’had Aly Baitul Hidayah sebenarnya berangkat dari keinginan kuat untuk menjaga dan melestarikan tradisi ilmiyah di miliu pesantren. Pola pendidikan Ma’had Aly ini diawal kelahirannya diarahkan pada upaya penjajakan dan pengenalan bagi para alumni agar lebih mengenal sejauh mana sesungguhnya pola pendidikan di dunia perkuliahan.

Jika dalam pembelajaran KMI santri masih diarahkan untuk menerima materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum pesantren, maka di Ma’had Aly, peserta diarahkan pada pola pembelajaran agar setiap peserta didik mampu belajar menganalisa satu masalah atau tema bahasan tertentu dalam perspektif yang lebih luas.

Guru lebih berfungsi sebagai mediator, pengarah dan inspirator agar setiap peserta bukan hanya mampu menganalisa, namun belajar untuk mampu mengambil kesimpulan yang dia ambil dari berbagai referensi dengan modal kemampuan ilmiyah seperti bahasa dan lain sebagainya yang telah didapatkan selama belajar di KMI.

Sebenarnya itu arah pertama yang ingin kita capai dalam pola pembelajaran di Ma’had Aly Baitul Hidayah. Selain itu tentu kita berharap bahwa para alumni tidak mengalami kemandekan intelektual dan agar tradisi ilmiah bisa terus terjaga, terpelihara sehingga dapat memberi konstribusi positif dalam kegiatan KBM KMI,karena sebenarnya mereka disamping seorang mahasiswa, juga statusnya sebagai guru yang dituntut untuk terus mengembangkan budaya intelektualnya tanpa harus terhambat dengan kegiatan kepesantrenan.

Semoga langkah awal ini menjadi jariyah kami dan seluruh pihak yang ikut berkonstribusi dalam perintisan Ma’had Aly ini. Tentu ini belum apa-apa dan masih sangat jauh dari harapan, namun semuanya berawal dari angka 1 hingga menuju ke angka yang tidak terhingga sekalipun.

Insyaallah, keutamaan tetap bagi yang memulai, merintis dan yang membangun inisiatif sekalipun generasi selanjutnya jauh lebih baik!
الفضل للمبتدى وإن أحسن المقتدي ..
Semoga Allah membantu kita ! Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *