Koperasi Baitul Hidayah

Baitul Hidayah sebagai lembaga pendidikan yang menerapkan system character building(pendidikan karakter)tidak hanya menekankan pendidikan yang berorientasi nilai akademis, lebih dari itu Baitul Hidayah memberikan terapan nilai pada setiap kegiatan yang dilakukan santri. Satu diantaranya adalah pendidikan organisasi.Wujud dari kegiatan tersebut adalah dibentuknya organisasi santri Baitul Hidayah atau OSPBA.

OSPBA membawahi beberapa bagian, dimana setiap bagian memiliki kewenangan untuk santri secara keseluruhan. Salah satunya adalah  bagian koperasi pelajar.

Bagian koperasi pelajar dikelola oleh santri kelas 5 dan 6 yang dianggap cakap untuk menggerakan dan mengatur kebutuhan para santri. Bagian koperasi sehari-hari harus bertanggung jawab menyediakan kebutuhan para santri baik buku, peralatan tulis hingga makanan riangan, minuman dan peralatan pribadi lainnya.

Santri yang mendapat tugas sebagai pengelola, juga belajar administrasi, mengatur seluruh keuangan yang digunakan baik keluar masuk, untung, rugi, juga management tata letak ruangan, disiplin waktu, dan kerapihan. Point penting dari bagian koperasi adalah seluruh keuntungan akan digunakan kembali unktuk pengembangan sarana dan prasarana pesantren.

Demikianlah satu dari sekian bentuk metode pendidikan yang diterapkan di Baitul Hidayah, untuk membentuk para santrinya menjadi insan mandiri yang kreatif dan cakap, tidak hanya dalam ilmu agama, namun juga management kehidupan.

 

Dzikri Muhammad Dzakir

5 KMI

Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *