IDHUL ADHA 1437H DI PONDOK PESANTREN BAITUL HIDAYAH

“فصل لربك وانحر”

          Allah SWT memerintahkan kepada kaum muslimin agar berqurban pada tanggal 10 Dzulhijjah yang bertepatan dengan wukuf di Arafah bagi orang yang melaksanakan ibadah haji. Hewan-hewan yang bisa dikurbankan adalah hewan yang berkaki 4. Antara lain, kambing,sapi,unta, DLL. Pada tanggal 10-13 Dzulhijah kaum muslimin disunnahkan bertakbir dan diharamkan untuk berpuasa.

            Di pondok pesantren Baitul Hidayah juga diadakan pemotongan kurban. Hewan kurban itu didapat dari masyarakat pesantren, wali santri dan keluarga pondok pesantren. Acara pemotongan kambing dilaksanakan oleh santri kelas enam dengan bantuan dari asatidz. Ketua panitia acara ini adalah Saiful Anwar.

            Hasil pemotongan akan dibagikan kepada masyarakat sekitar pondok pesantren, dan sisanya dikonsumsi oleh santri dan asatidz. Jumlah hewan Qurban yang disembelih ada 3 ekor sapi dan 13 ekor kambing.

             Santri dan asatidz juga mengadakan lomba memasak sate antar kelompok setoran Al-Qur’an. Kelompok ini dibagi menjadi 5. Seluruh santri dan asatidz ikut berpartisipasi dalam lomba ini. Mulai dari mengolah, membuat bumbu memanggang daging sampai menghias masakan. Walau tidak menang,tapi tetap sportif dan yang penting tetap bisa menikmati sate.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *