Belajara Matan Tuhfatul Athfal

Program Ihyaul-qur`an telah menjadi salah satu dari kurikulum terintegrasi yang dilaksanakan di Baitul Hidayah sebagai program unggulan. Ihyaul-qur`an memiliki beberapa metode pengajaran yang akan memudahkan para santri dalam menghafal serta mengkaji Al-qur`an.

Tuhfatul Athfal adalah salah satu metode pembelajaran Alqur`an di Pondok Pesantren Baitul Hidayah. Tuhfatul Athfal adalah sebuah kitab yang ditulis oleh Syaikh Sulaiman Jamzuri, kitab ini memuat beberapa tema seputar ahkam tajwid. Kitab ini walaupun kecil tetapi memiliki manfaat yang besar.

Ketua umum program Ihyaul-qur`an al-ustadz Ali Ridwan Al-anshory, Lc mengatakan bahwasannya tujuan daripada pembelajaran Tuhfatul Athfal ini agar setiap pelajar mengetahui hukum-hukum tajwid beserta dalilnya, itulah sebabnya kitab ini sengaja ditulis dalam bentuk syair dalam bahar rajaz. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pelajar menghafalkannya dan memberikan motivasi untuk lebih mencintai Al-qur`an.

Selebihnya, Baitul Hidayah ingin menghidupkan tradisi keilmuan zaman dahulu yang dimulai dari upaya membangun keilmuan santri-santrinya dari landasan hifdzul-mutun(menghafal matan), agar kegunaan keilmuan santri dapat terstruktur dengan baik.

Reza Lathiful Huda

4 KMI

Bandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *