Apel Tahunan Khutbatul ‘Arsy 1434

Barisan Paskibra memasuki lapangan - Apel Tahunan Pondok Pesantren Baitul Hidayah 1434
Barisan Paskibra memasuki lapangan

Bandung – 12 September 2013, Khutbatul ‘Arsy merupakan salah satu kegiatan wajib di Pondok Pesantren Baitul Hidayah. Wajib diikuti setiap murid dan ustadz yang ada. Kegiatan ini terdiri dari dua bagian. Yang pertama adalah Apel Tahunan, upacara bendera layaknya di sekolah lain. Dan dilengkapi penampilan dari santri serta pawai ke sekitar Pondok Pesantren. Yang Kedua adalah kuliah umum di dalam ruangan. Berbagai hal menyangkut pondok, kurikulum, sejarah, disiplin dan lain sebagainya dipaparkan oleh penasehat, pimpinan dan ketua-ketua lembaga. Tujuan dari Khutbatul ‘Arsy adalah memperkenalkan kondisi Pondok Pesantren kepada santri baru dan memperbarui niat untuk santri lama serta para ustadz.

Adapun apel tahunan 1434 H diadakan pada 12 September 2013. Pada pukul 08.00 pagi hari, acara dimulai. Inspektur upacara adalah Ustadz Iwan selaku pimpinan Pondok Pesantren Baitul Hidayah. Dalam amanat inpekstur upacara, beliau menekankan kembali tentang niat belajar ilmu di Pondok Pesantren. Keikhlasan niat adalah syarat mutlak belajar di Pondok Pesantren. Santri harus hadir 100%, yaitu jiwa dan raga. Jangan sampai tubuh di Pondok Pesantren tetapi hatinya tertinggal di rumah.

Apel tahunan ditutup dengan penampilan dari santri-santri. Penampilan yang dihadirkan adalah bela diri, olah raga, busana harian santri. Dilanjutkan pawai ke kawasan perumahan warga di sekitar Pondok Pesantren Baitul Hidayah. Santri dikelompokkan berdasar asal daerah, dan di adakan lomba baris berbaris tiap daerah. Pawai santri ini merupakan sarana sillaturrahim dan syiar pondok kepada warga sekitar.

Amanat inspektur upacara oleh Pimpinan Pondok Pesantren  - Apel Tahunan Pondok Pesantren Baitul Hidayah 1434
Amanat inspektur upacara oleh Pimpinan Pondok Pesantren

Gambar yang lebih lengkap bisa dilihat di Galeri Khutbatul ‘Arsy 1434 H

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *